Frequently Asked Questions

APA ITU AIR OZON / AQUEOUS OZONE (AO)
Ozon adalah molekul alami yang terdiri dari tiga atom oksigen. Di alam, ozon dibentuk oleh sinar matahari atau petir, yang menyebabkan molekul oksigen biasa (O2) bergabung dengan atom oksigen yang tidak stabil melalui pelepasan korona, elektrolisis atau radiasi ultraviolet, menjadi ozon (O3). Ozon dapat menjadi dua bentuk yaitu gas dan air. Ozon bisa didapatkan melalui proses alami dan juga buatan.

 

APAKAH AIR OZON AMAN?
Air Ozon (AO) telah diakui sebagai bahan yang aman oleh FDA-GRAS (Generally Recognized As Safe), juga diakui oleh National Sanitation Foundation sebagai pembersih yang aman dan sangat efektif.
Enozo juga memiliki sertifikasi EPA dan Green Seal Certified. Bekerja sebagai sanitizer, disinfektan, deodorizer,  dan pembersih yang tidak mengandung aditif, pewangi atau pewarna. Tidak ada yang ditambahkan ke dalam larutan yang dapat menyebabkan iritasi kulit, mata atau pernapasan.
AO adalah zat biodegradable yang tidak meninggalkan residu yang dapat mengotori fasilitas atau rumah Anda
Karena AO menggantikan berbagai pembersih seperti kaca, stainless steel, dan pembersih serbaguna lainnya, produk Enozo dapat membantu mengurangi penggunaan bahan kimia sintetis berbahaya pada cairan pembersih, sekaligus mengurangi sampah plastik berlebih.

 

APAKAH AIR OZON PERLU DISTABILKAN?
Tidak. Enozo menghasilkan ozon sesuai kebutuhan (On-Demand)  dan karenanya tidak perlu distabilkan untuk membuat kualitasnya efektif.

 

BAGAIMANA OZON MAMPU MENJADI SANITIZER, DISINFECTANT, DEODORIZER DAN PEMBERSIH?
Secara alami, ozon adalah agen pengoksidasi yang kuat, yang berarti dapat menyebabkan perubahan kimia melalui oksigen. Ketika ozon bertemu dengan tanah, patogen, dan mikroba yang menyebabkan bau atau penyakit, ozon bereaksi dan mengubah karakteristiknya. Air ozon menambahkan oksigen pada bau untuk menghilangkan baunya dan menyerang dinding sel bakteri, membunuh patogen (bakteri jahat) sepenuhnya. Proses pembunuhan oksidasi dengan ozon tidak berkontribusi terhadap resistensi antibiotik.

 

SEPERTI APA AROMA AIR OZON?
Ozon beraroma segar, seperti aroma ketika Anda menghirup udara setelah hujan badai. Itu ozon! Alam menciptakan ozon selama badai petir untuk mengoksidasi udara.

 

PATOGEN APA SAJA YANG DAPAT DIBUNUH OLEH OZON?
Ozon dapat membunuh 99.9% patogen (bakteri jahat) paling umum  hanya dalam 30 detik lebih efektif jika dibandingkan dengan pembersih serbaguna lainnya. Contoh beberapa patogen umum yang dapat dibunuh oleh ozon meliputi:

  • E. coli
  • Salmonella
  • Staph A.
  • Enterobacter aerogenes
  • Klebsiella pneumonia

 

BAGAIMANA OZON DIGUNAKAN SEBAGAI SANITIZER DI BERBAGAI INDUSTRI SAAT INI?

  • PENYEDIA AIR BERSIH & INDUSTRI AIR KEMASAN:
    Ozon digunakan sebagai bahan pembersih di pabrik pengolahan air bersih serta di industri air minum dalam kemasan di Amerika. Ozon  disetujui oleh US FDA dan oleh Asosiasi Air Minum Dalam Kemasan Internasional (IBWA) sebagai agen antimikroba.
  • FOOD PROCESSING, STORAGE, AND TREATMENT:
    US FDA secara resmi menyetujui penggunaan ozon sebagai Agen Antimikroba untuk Perawatan, Penyimpanan, dan Pemrosesan Makanan dalam bentuk Gas dan Air. Badan Keamanan dan Inspeksi Makanan Departemen Pertanian AS (USDA/FSIS) menyetujui penggunaan ozon untuk bersentuhan dengan daging dan unggas, termasuk produk mentah hingga segar yang dimasak dan sebelum dikemas. Selain kontak langsung dengan makanan, ozon juga dapat diaplikasikan pada peralatan pengolahan makanan dan permukaan yang tidak bersentuhan dengan makanan sebagai bagian dari upaya sanitasi perusahaan makanan.
  • PERAWATAN KOLAM RENANG UMUM DAN PRIBADI:
    Di Amerika Serikat, generator ozon digunakan sebagai pengganti klorin untuk membersihkan kolam karena ozon lebih kuat bekerja 3.000 kali lebih cepat daripada klorin , tanpa menggunakan bahan kimia berbahaya.

 

APAKAH BOTOL SPRAY ENOZO MEMBUNUH SARS-COV-2, VIRUS PENYEBAB COVID-19?
Kami dengan senang hati memberitahu Anda bahwa Enozo telah mencapai pengurangan virus sejumlah 99,9% dalam waktu 30 detik , terhadap pengganti pengujian komersial untuk Human Coronavirus SARS-CoV-2 (virus yang menyebabkan penyakit CoVid-19) . Enozo Spray Bottle diuji terhadap pengganti 229E/ATCC VR-740 pada permukaan keras yang tidak berpori menggunakan metode pengujian yang diakui secara ilmiah.

Perlu diketahui bahwa Enozo Aqueous Water Spray Bottle dikategorikan sebagai perangkat pestisida dalam struktur klasifikasi EPA. EPA tidak secara rutin memasukkan perangkat pestisida dalam tinjauannya dan oleh karena itu EPA belum mengkonfirmasi apakah, atau dalam keadaan apa, produk tersebut mungkin efektif melawan penyebaran COVID-19. Juga, ini menjelaskan mengapa botol semprot sanitasi Enozo tidak memenuhi syarat untuk dicantumkan dengan formulasi pestisida kimia yang ditinjau oleh EPA dan termasuk dalam Daftar N EPA disinfektan.

 

PRODUK ENOZO DIBUAT DI MANA?
Enozo dibuat di Amerika Serikat (USA). Diteliti, dikembangkan dan dibuat oleh para ilmuwan MIT (Massachusetts Insitute of Technology), institut teknologi no.1 di dunia.

 

BISA ISI ULANG DENGAN AIR APA SAJA?
Pada dasarnya bisa menggunakan air kran biasa, air PAM, air RO maupun air galon atau air minum dalam kemasan.

Tidak disarankan untuk menggunakan air suling / distilled water, atau menambahkan apapun untuk penggunaan spray botol air ozon Enozo ke dalam tangki botol, karena dapat merusak fungsi nya.

 

APA BEDANYA ENOZO DENGAN YANG LAIN?
ENOZO menghasilkan air ozon yang mampu membunuh virus, kuman bakteri  yang AMAN untuk semua permukaan, tanpa bilas, tanpa residu, tanpa aditif.  Satu-satunya yang menghasilkan air ozon sesuai kebutuhan (ON-DEMAND).

 

SELAIN MEMBUNUH VIRUS/ BAKTERI/ KUMAN, BISA APA LAGI?
Enozo mampu menghilangkan bau amis pada seafood, bau toilet, sepatu; menghilangkan pestisida; membersihkan lemak dapur; membersihkan noda.

 

APAKAH AMAN UNTUK BAYI, ANAK-ANAK dan HEWAN PELIHARAAN?Sangatlah aman! FDA, USDA dan EPA telah menyetujui penggunaan air ozon untuk semua permukaan benda, bahkan untuk kontak dengan makanan, hewan bahkan pengaplikasian langsung tanpa bilas, tanpa residu.
Karena tidak meninggalkan residu, aman digunakan juga untuk peralatan bayi, anak-anak, hewan peliharaan, bahkan tanaman kesayangan Anda.

 

APAKAH DAPAT MERUSAK ATAU MERUBAH WARNA BARANG?
Air Ozon Enozo dapat menghilangkan noda baru pada permukaan, tapi sama sekali tidak merusak atau merubah warna asli dari barang yang Anda spray dengan Enozo.

 

APAKAH ENOZO BISA BUAT MENSTERILKAN BOTOL SUSU BAYI?
Bisa! Bahkan dengan ENOZO, Anda tidak perlu lagi merebus botol susu bayi Anda dengan air panas atau menunggu 20 menit dengan menggunakan UV Sterilizer Box untuk mensterilkan botol anak Anda.
Cukup spray air ozon Enozo, lap dengan tissue dan bisa langsung digunakan. Tak perlu waktu lama untuk menunggu, tak perlu lagi cuci bilas.
Air ozon Enozo tidak meninggalkan residu, sehingga aman sekali untuk bayi.

 

APAKAH AIR OZON ENOZO BISA DIGUNAKAN UNTUK MERENDAM SAYUR DAN BUAH?
Anda bahkan tak perlu merendam sayur & buah hanya untuk menghilangkan pestisida.
Cukup spray ke sayur dan buah, diamkan 30 detik saja, tak perlu bilas lagi, dapat langsung dikonsumsi.

 

BAGAIMANA PERAWATAN ENOZO SEHARI-HARI ?
Tidak perlu ada perawatan khusus jika Anda menggunakannya setiap hari.
Kosongkan tangki botol jika Anda berencana untuk tidak menggunakannya lebih dari 1 minggu, untuk menghindari tumbuhnya lumut pada botol.

 

JIKA ADA LUMUT ATAU KOTORAN PADA BOTOL ENOZO, BAGAIMANA CARA MEMBERSIHKANNYA?

  1. Kosongkan sisa air dari tangki botol spray Enozo. Kemudian isi dengan air yang baru, tambahkan 5 gram garam meja (NaCl) ke dalam tangki, pastikan untuk larut sepenuhnya.
  2. Semprotkan seluruh tangi ke dalam mangkok, lalu tuang kembali air yang disemprotkan ke dalam tangki, lalu kocok botolnya.
  3. Semprotkan botol ke saluran pembuangan selama 10 detik. Simpan air di dalam tangki botol setidaknya selama 2 jam ( semalaman akan lebih baik, tapi jangan lebih dari 13 jam)
  4. Kocok botol lagi, lalu buang air dari tangki.
  5. Bilas tangki beberapa kali hingga bersih dan siap digunakan
  6. Jika masih ada masalah, silakan hubungi customer care kami

 

BOLEHKAH MENAMBAHKAN GARAM, CUKA ATAU ESSENTIAL OIL?
TIdak perlu. Air Ozon dihasilkan hanya dengan air kran saja, tidak perlu tambahan garam,cuka, essential oil.
Garam hanya diperlukan pada saat membersihkan tangki botol Enozo jika kotor / berlumut saja. Sedangkan untuk penggunaan sehari-hari, tidak memerlukan garam. Menambahkan essential oil, cuka, atau bahan aditif lainnya malah dapat merusak diamond part dalam produk.

 

APA BEDANYA ENOZO HOME DAN ENOZO PRO?
Keduanya memiliki fungsi sama, yang membedakan hanya kapasitas dan lifetime baterai-nya saja. Disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Enozo HOME

Enozo PRO

Warna

Putih

Biru

Kapasitas tangki air

300 ml

400 ml

Useful Battery Life

600x Refill 

5000x Refill

Dimensi

10cm x 10xm x 24cm

10cm x 10xm x 28cm