Polusi Akibat Hand Sanitizer

Di tengah pandemi seperti ini, kita pasti bisa menemukan kata "antibakteri" pada lebih dari ratusan produk pembersih. Memang senyawa antibakteri ini dapat membunuh kuman dan mencegah penyakit, namun apa efeknya terhadap dengan bumi? Baru-baru ini, sebuah studi dari Universitas Minesota mengungkapkan keprihatinan mereka terkait penggunaan hand sanitizer antibakteri pada lingkungan.

 

Hand sanitizer mengandung bahan kimia yang beracun dan berbahaya bagi lingkungan jika menguap. Di 5 bulan tahun 2020 pertama, American Association of Poison Control Center melaporkan ribuan kasus paparan hand sanitizer beralkohol yang beracun bagi anak di bawah usia 12 tahun. Efeknya bisa berupa muntah-muntah dan pusing, atau sesak napas dan kematian pada kasus yang lebih parah.

The 10 Most Common Childhood Illnesses | Parents

 

Pada tahun 2019, ukuran industri hand sanitizer di Amerika Serikat (AS) mencapai 2,7 miliar AS dolar. Tentu saja efeknya besar pada lingkungan. Pertama-tama, kita bisa membahas polusi lingkungan dari aspek botol sanitizer yang menambah gunungan limbah plastik di bumi. Selanjutnya, ada juga bahaya kebakaran karena sifat alkohol dalam hand sanitizer yang mudah terbakar. Dan terakhir, sanitizer ini juga dapat mengontaminasi pasokan air dengan triklosan dan triklokarbon yang bersifat sintetis. Para ilmuwan lain khawatir jika hand sanitizer antibakteri beraksi sama seperti antibiotik, dan berkontribusi pada pertumbuhan dan evolusi bakteri yang antiresisten.

 

Solusi 1 untuk semua

Enozo merupakan pembuat air ozon alami yang dapat membasmi virus dan bakteri penyebab penyakit, dan akan kembali menjadi air biasa setelah selesai digunakan. Benefit lain dari Enozo ini adalah sifatnya yang sangat ramah lingkungan. Enozo ini 100% aman karena tidak menyebabkan alergi & iritasi, ramah lingkungan, tanpa kimia, tanpa residu, dan tanpa polusi.

 

Nah, kalau dari sisi energi, Enozo hanya membutuhkan waktu 2,5 jam charging untuk 1-2 minggu pemakaian. Dengan begitu, kita tidak akan menambahkan limbah baterai setiap kali dayanya habis. 

Terakhir, refill Enozo hanya membutuhkan air kran biasa tanpa perlu membeli alkohol yang sangat berbahaya bagi lingkungan. Benar-benar Enozo menguntungkan diri, sekitar, dan bumi. Yuk, berganti ke Enozo.

BACA JUGA: HAND SANITIZER: KULIT KERING DAN IRITASI?

Leave a comment