Masih Menggunakan Baking Soda Untuk Membersihkan Barang-Barang Ini? Solusi Anti Ribet Dalam Satu Semprotan Tanpa Baking Soda!!

Bagi para ibu rumah tangga, kebersihan dapur merupakan salah satu hal yang paling penting untuk dijaga kebersihannya. Terlebih jika adanya sisa noda makanan dan noda cipratan minyak yang susah untuk dihilangkan pada sela-sela dan daerah sekitar kompor. Bahan yang biasa digunakan untuk membersihkan dapur oleh para ibu rumah tangga adalah baking soda.

Selain menjadi bahan tambahan dalam pembuatan kue, baking soda juga terkenal sebagai pembersih yang ampuh dan dapat digunakan pada semua benda.

Mengapa baking soda?

baking soda

Kandungan yang terdapat pada baking soda dapat menghilangkan kerak hingga noda membandel yang sudah tidak dapat dihilangkan. Tetapi,tahukah anda? Ternyata baking soda tidak dapat dipakai dengan sembarangan.

BACA JUGA: MEMBERANTAS BAKTERI STAPHYLOCOCCUS AUREUS? CUKUP DENGAN SATU SEMPROTAN

Beberapa benda dan furniture akan bereaksi satu sama lain, serta mengakibatkan terjadinya kerusakan pada benda dan furniture favorit anda. Berikut merupakan beberapa benda yang tidak bisa dibersihkan oleh baking soda. 

 

1. Marmer

marmer

Baking soda juga tidak dapat digunakan pada lantai marmer, karena baking soda sendiri bersifat abrasif. Sehingga jika menggunakan baking soda pada lantai marmer rumah anda justru akan merusak lapisan yang terdapat pada marmer. Dan meninggalkan goresan pada marmer.

 

2. Emas

emas

Walaupun menjadi pembersih paling ampuh, baking soda tidak dapat digunakan untuk membersihkan benda yang terbuat dari emas loh! Karena sifat abrasif dari baking soda berpengaruh kepada  sifat emas yang merupakan logam lembut. Jika baking soda digunakan untuk membersihkan peralatan emas anda, baking soda akan menggores lapisan akhir dan melunturkan lapisan emas.

 

3. Kaca 

kaca

Sering kali noda yang terdapat pada kaca mengganggu dan sangat susah untuk dibersihkan. Tetapi sangat tidak disarankan untuk membersihkan noda bandel yang terdapat pada kaca dengan baking soda. Karena baking soda justru akan mengabrasi kaca, sehingga kaca akan tergores,retak atau bahkan pecah.

Disarankan untuk membersihkan dengan pembersih kaca yang dijual di pasaran. Atau anda dapat mencampur cuka dengan air untuk membersihkan noda yang membandal tersebut sehingga anda dapat membersihkan noda yang terdapat pada kaca.


4. Alumunium 

alumunium

Jika baking soda digunakan untuk membersihkan alat yang berbahan alumunium dapat terjadi oksidasi antara dua senyawa ini. Terjadinya pengoksidasian tersebut karena alumunium mempunyai lapisan yang lebih tipis dan berpori. Dampak yang terjadi dari pengoksidasian tersebut adanya perubahan warna aluminium dan menjadikan perabot aluminium cepat rapuh.


5. Kayu

kayu

Jika anda menggunakan baking soda untuk membersihkan perabotan yang terbuat dari kayu justru akan merusak perabotan tersebut. Karena baking soda memiliki partikel yang terbilang kecil, sehingga ketika anda membersihkan furniture kayu dengan baking soda partikel dari baking soda akan masuk kedalam pori-pori furniture kayu. Dan merusak pernis furniture kayu anda.

Disarankan jika anda ingin membersihkan furniture kayu lebih baik menggunakan sabun cair yang dilarutkan bersama air.


6. Alat makan perak

perak

Biasanya yang dilakukan kebanyakan orang untuk membersihkan peralatan makan yang berbahan perak, mereka akan merendam perak dengan air dari larutan baking soda. Tetapi, tahukah anda? Kalau baking soda akan meninggalkan goresan pada peralatan perak anda, hal itu terjadi karena sifat dasar yang dimiliki oleh senyawa baking soda yang abrasif. Dia akan bereaksi jika terjadi kontak pada benda yang berbahan logam.

(source: nova.grid.id, hot.liputan6.com, hype.grid.id)


Setelah dipaparkan, kalau dipikir-pikir cukup merepotkan ya. Jika harus memiliki cairan pembersih yang berbeda-beda untuk membersihkan perabotan rumah. Bahkan baking soda pun tidak dapat membersihkan noda yang terdapat pada 7 benda-benda tersebut.

Sementara cairan pembersih pun tidak murah dan kandungan kimia pun juga menjadi pertimbangan agar tidak berdampak pada kesehatan jangka panjang. Tapi pernahkan anda berfikir untuk membersihkan benda-benda anda hanya dengan menggunakan air?

BACA JUGA: WARNA PERABOTAN KAYU LUNTU KARENA CAIRAN PEMBERSIH?

Anda tidak perlu lagi membeli cairan pembersih ataupun menggonta ganti cairan permbersih sesuai kegunaannya. Anda hanya perlu menggunakan satu alat untuk membersihkan semua perabotan rumah dan benda-benda yang berbahan logam, emas, dll. Tanpa perlu khawatir terjadinya kerusakan ataupun oksidasi yang mungkin terjadi akibat penggunaan cairan pembersih.

ENOZO merupakan satu-satunya alat pembersih dan sanitasi air yang dapat mensterilisasikan tanpa adanya bau, merusak benda, dan tidak mempunyai efek samping akibat kandungan kimia.

Karena ENOZO berfungsi sebagai pengubah air keran menjadi air ozon. Dimana air ozon mempunyai banyak fungsi dan tidak ada kandungan kimiawi yang menyebabkan pemudaran warna ataupun kerusakan pada furnitur.

Selain itu ENOZO menjadi alat yang sangat solutif dalam kondisi pandemi seperti saat ini. Karena selain dapat membersihkan kuman dan bakteri, ENOZO juga dapat membasmi virus COVID-19 dan sudah teruji secara klinis.

ENOZO

ENOZO sudah mengantongi beberapa sertifikat dari institusi dan lab ternama di dunia, yang sudah pasti terjamin keamanan dan hasil dari penggunaan air ozon yang dihasilkan oleh ENOZO.

Cukup dengan satu alat dan dalam sekali semprotan, anda mampu menggunakan air ozon sebagai cairan pembersih rumah, desinfektan, dan hand sanitizer. Tanpa perlu membawa alat lain dan cairan banyak.

Leave a comment