Hand Sanitizer: Kulit Kering dan Iritasi?

Mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer sudah menjadi kebutuhan sehari-hari kita selama masa pandemi ini. However, is your skin suffering from it?


Sejak masuknya virus COVID-19 ke Indonesia pada Maret 2020 lalu, warga berbondong-bondong melakukan panic buying mulai dari makanan hingga alat-alat kesehatan. Pasalnya, beberapa kaum tak bertanggung jawab menggunakan kesempatan ini untuk mencari keuntungan dengan menimbun sampai barang-barang tersebut menjadi langka dan mahal, contohnya: masker dan hand sanitizer.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dan World Health Organization (WHO)penggunaan hand sanitizer berbasis alkohol harus mengandung setidaknya 60 persen etanol dengan durasi pakai 20-30 detik dapat membantu menghindari sakit dan menyebarkan kuman kepada orang lain. Namun, kandungan alkohol dari penggunaan hand sanitizer tersebut malah membuat beberapa orang mengalami kulit kering dan pecah-pecah. Nah, berikut adalah tips untuk mengatasinya:

 

1. Utamakan Cuci Tangan dengan Sabun

When and How to Wash Your Hands | Handwashing | CDC

Jika ada pilihan antara mencuci tangan dengan sabun dan menggunakan hand sanitizer, pilihlah cuci tangan dengan sabun. "Sabun yang dipilih tidak harus antibakteri. Tapi, jika bisa memilih, ada beberapa pilihan sabun mengandung pelembap," ucap Paula Borelly, dokter kulit dari Olney Dermatology.

Menurut seorang ahli mikrobiologi Alex Berezow, hand sanitizer memerlukan cara dan prosedur yang tepat untuk bisa bekerja maksimal membunuh kuman. Inilah yang membuat hand sanitizer tidak lebih baik daripada air dan sabun untuk mencuci tangan.

 

2. Gunakan Produk Enozo Indonesia

Enozo adalah produk ramah lingkungan asal Amerika yang dapat membunuh 99.9% virus & bakteri hanya dalam 30 detik. Kamu hanya perlu mengisi Enozo dengan air kran biasa dan Enozo akan mengubahnya menjadi Air Ozon atau Aqueous Ozone (AO). Air Ozon sendiri sudah dikenal sejak 100 tahun lalu sebagai sanitizer alami paling kuat di dunia. Inovasi ini dibuat oleh ilmuwan MIT menggunakan Diamond Plate De'Beers. Selain itu, Enozo sudah lulus uji di laboratorium terakreditasi di berbagai negara. Wah, semakin penasaran? Untuk info lebih lanjut, cek @enozo.id di Instagram, yuk!

BACA JUGA: TIPS DAN TRIK KULIT GLOWING BERCAHAYA ALA  CATWOMANIZER

 

3. Aplikasikan Pelembap pada Kulit

10 Moisturizer Untuk Kulit Kering Terbaik Malaysia 2021 - Sricantik

Penggunaan hand sanitizer berulang dan cuaca yang panas membuat kulit terasa kering. Kamu bisa mengoleskan pelembap atau lotion yang menggandung pelembap tinggi setelah mencuci tangan atau setelah menggunakan hand sanitizer. Secara tekstur, lebih baik memilih pelembap krim daripada lotion karena teksturnya yang berminyak membuat kelembapan lebih terkunci. Selain lotion, alternatif lain kamu juga bisa pakai soothing gel, loh! Salah satu jenis soothing gel yang terkenal adalah aloe vera gel. Sudah menjadi rahasia umum keampuhan soothing gel dalam melembapkan dan menenangkan kulit.

 

4. Pilih Hand Sanitizer dengan Kandungan Pelembap

Fact or Fiction: Hand Sanitizer Works as Well as Hand Washing

Walaupun hand sanitizer mengandung alkohol, terdapat juga beberapa sanitizer yang mengandung humektan gel yang melembabkan. Menurut Naana Boakye, pemilik Bargen Dermatology, salah satu menghindari efek kering sanitizer adalah dengan mencari hand sanitizer dengan jumlah etil alkohol yang tepat, yaitu 75 persen, namun juga memiliki sifat melembapkan, seperti minyak esensial.


 

So friends, jangan lupa cuci tangan atau pakai Hand Sanitizer dan lotion, ya! Atau, kamu bisa mengganti sanitizer kamu dengan Enozo. 

1 comment

  • Saya sudah beli Enozo bulan lalu. Baguss banget yah memang, anak saya jadi ga iritasi kalo pake sanitizer. karena ini isi air doank. Jadi lebih hemat daripada beli sanitizer mulu

    Nelly

Leave a comment