Bosan Dirumah Terus? Mari Coba 4 Cara Berlibur Pada Masa Pandemi Ini!

Sempat tercatat nihilnya kasus kematian yang disebabkan oleh virus COVID-19, membuat sebagian orang mulai melupakan protokol yang ditetapkan. Pada tanggal 2 November yang lalu, tercatat adanya kenaikan kasus COVID-19 disertai dengan penambahan kasus positif yang menjadikan wilayah Jakarta kembali berada di zona oranye. Pelonggaran peraturan yang sempat terjadi beberapa waktu lalu, bisa menjadi salah satu faktor yang memicu terjadinya kenaikan kasus positif. 

pandemic

Untuk anda yang ingin berlibur, tetapi masih merasa ragu karena kondisi yang terjadi, berikut ini adalah bebrapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan rasa penat yang dirasa pada masa pandemi ini.

1. Staycation

staycation

Pada masa pandemi ruang lingkup untuk melakukan aktivitas diluar rumah harus diperhatikan dan harus lebih waspada terhadap sekitar. Karena cepatnya penularan yang terjadi cukup mengkhawatirkan. Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, dr Reisa Brotoasmoro, menyarankan staycation sebagai salah satu alternatif liburan. Staycation bisa juga diartikan sebagai liburan di rumah saja namun mengisinya dengan berbagai kegiatan menyenangkan bersama keluarga.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sudah meminta destinasi wisata untuk menerapkan prinsip CHSE, yaitu Cleanliness, Health, Safety and Environment sustainability. Atau bersih, sehat dan aman terutama dari ancaman COVID-19 dan tetap ramah lingkungan. 

BACA JUGA: MENCUCI MASKER APAKAH DIANJURKAN?

Umumnya, manajemen hotel telah menerapkan berbagai prosedur kebersihan dan keamanan yang lebih ketat. Prosedur ini meliputi pemeriksaan suhu tubuh pada saat memasuki area hotel hingga mencatat riwayat perjalanan dan kesehatanmu pada saat check-in. Maka dari itu, anda juga harus mematuhi prosedur tersebut secara disiplin agar dapat membantu menjaga keamanan dan kesehatan diri serta tamu-tamu lain yang menginap di hotel.

2. Road Trip

road trip

Salah satu cara untuk melepas penat yang dapat dilakukan anda pada masa pandemi ini, selain staycation adalah road trip. Road trip dianggap aman untuk dilakukan karena ketika anda melakukan road trip, tidak ada kontak secara langsung pada orang lain. Serta, jarak yang sudah pasti aman dengan adanya penghalang pintu mobil yang dapat menjadi objek yang membantu upaya preventif untuk mencegah penularan COVID-19.

Dan dianjurkan untuk melihat kondisi kota atau tempat yang dituju selama melakukan road trip. Harus dipastikan apakah kota tersebut termasuk area yang aman untuk dikunjungi. Tidak lupa dengan menaati protokol kesehatan yang berlaku selama melakukan roadtrip.

Jika anda memang harus keluar dari kendaraan anda, pastikan untuk terus menjaga kebersihan diri. Dengan menggunakan hand sanitizer setiap saat, ataupun dengan mencuci tangan dengan sabun selama 30 detik. Tidak lupa tetap menaati protokol kesehatan yang berlaku serta memakai masker dimanapun anda berada.

Satu lagi, jika harus berhenti di tempat umum untuk peralatan sanitasi, pastikan anda membawa perlengkapan kebersihan pribadi yang lengkap mulai dari sabun, hand sanitizer, tisu basah, tisu kering dan disinfektan.

3. Wisata Alam

wisata alam

Jika memang anda cukup berani untuk pergi keluar rumah dan menikmati wisata alam yang anda inginkan, anda bisa memastikan tempat wisata alam yang anda tuju terlebih dahulu. Dengan mengecek website tempat wisata alam yang dituju, jika memang tersedia website dan mencari tahu kerumunan yang ada. Serta zona aman di daerah tempat wisata alam yang ingin anda kunjungi. Untuk mengetahui status zona lokasi, anda dapat mengunjungi halaman resmi COVID-19.

Pastikan untuk terus menjaga jarak aman, terhindar dari banyak kerumuna. Serta memakai masker setiap saat dengan ketentuan masker yang tentu saja sudah menjadi standarisasi untuk pencegahan virus COVID-19.

4. Berwisata Secara Virtual

wisata virtual

Ada salah satu cara yang sangat aman untuk dilakukan, guna melepas penat selama masa pandemi ini. Terlebih lagi dengan data yang didapat, kasus COVID-19 per bulan november ini tercatat meningkat setelah sempat menurun dan tidak lagi terdapat kasus positif ataupun yang meninggal karena COVID-19.

Berwisata secara virtual bisa menjadi jalan keluar bagi anda yang merasa penat tetapi cukup takut untuk keluar rumah. Anda hanya membutuhkan sebuah peralatan elektronik yang bisa digunakan seperti komputer, handphone ataupun jika anda mempunyai alat virtual yang membantu untuk menikmati sensasi berwisata secara nyata dengan virtual reality yang memiliki. 

Dibawah ini ada beberapa link website yang bisa digunakan untuk anda menikmati wisata virtual di dalam rumah. Berikut link nya:

  1. Indonesia Monumen Nasional (Monas) 

  2. Museum Basuki Abdullah 

  3. Yayasan Biennale Yogyakarta 

  4. Agung Rai Museum of Art 

  5. Museum Louvre

  6. Van Gogh Museum - Amsterdam

  7. National Museum of Modern and Contemporary Art - Seoul

  8. Kebun Binatang San Diego, Georgia Aquarium, Houston Zoo, Atlanta Zoo 

  9. Tembok Besar China

  10. Taj Mahal India

  11. Menara Eiffel 

  12. Tembe Elephant Park, Afrika Selatan

Tidak lupa, pastikan untuk membawa peralatan sterilisasi seperti hand sanitizer, dan desinfektan. Untuk menjaga kesehatan dan kebersihan anda beserta keluarga. Sementara itu kita tahu, dengan membawa banyak peralatan sanitasi dan desinfeksi yang berbeda sangat tidak efektif. Serta, jika digunakan dalam jangka waktu lama akan menyebabkan kulit kita menjadi iritasi, serta sensitif. Selain itu jika kulit anda terus-terusan terpapar oleh alkohol yang terdapat pada hand sanitizer dapat mengakibatkan kulit tangan menjadi kering.

BACA JUGA: MENGHADAPI NEW NORMAL KALI KEDUA, APA SAJA YANG HARUS DIANTISIPASI?

ENOZO bisa menjaga kebersihan dan memastikan anda untuk terhindar dari bakteri, kuman dan virus yang menjadi salah satu kendala dan pokok permasalahan di masa pandemi seperti saat ini.

Anda hanya perlu cukup membawa ENOZO untuk menjadi sanitasi dan desinfeksi untuk keperluan staycation, road trip serta wisata alam. Tanpa repot untuk membawa hand sanitizer, desinfektan yang cukup memenuhi barang bawaan anda untuk menjaga diri pada masa pandemi.

ENOZO terbukti secara klinis 99,00% membunuh virus COVID-19, dan tidak memiliki efek yang mengakibatkan kesehatan anda menurun ataupun menyebabkan kulit iritasi dan kering. Karena ENOZO hanya memerlukan air biasa ataupun air keran dan dapat mengubah menjadi air ozon.

Bagaimana cara kerja ENOZO sehingga dapat mengubah air biasa menjadi air ozon. Dan manfaat dari air ozon itulah yang menjadi desinfektan serta dapat mensterilisasi untuk membunuh kuman, bakteri dan virus. Air biasa diubah dengan alat ENOZO dengan active diamond yang terdapat didalam ENOZO.

2 comments

  • menarik bgt bisa jadi buat ide ngedate nih

    aruna
  • mau coba yang no. 4 ahh

    Angel

Leave a comment