Apakah Air Ozon Aman?

Air Ozon Versus Gas Ozon

air ozon

Ketika berbicara tentang keamanan ozon, penting untuk membedakan antara gas ozon, yang merupakan bahan kimia pelindung UV yang ditemukan dalam konsentrasi tertinggi di salah satu lapisan atas atmosfer, dan air ozon (AO), yang merupakan agen sanitasi yang membunuh mikroba berbahaya. Sebagian besar diskusi ini akan fokus pada air ozon, yang kurang dipahami oleh publik tetapi aman untuk digunakan pada makanan, untuk dikonsumsi manusia dan hewan, digunakan untuk skala besar maupun pribadi.

Ozon Baik Untuk Manusia Dan Bumi

enozo air ozon

Ozon (O3) adalah bahan kimia pengoksidasi kuat dengan reaktivitas tinggi. Reaktivitas ini membuatnya bermanfaat di lapisan ozon stratosfer, dimana lapisan ozon bekerja untuk melindungi tanaman, hewan, dan lingkungan dari paparan berlebihan terhadap radiasi ultraviolet (UV) yang berbahaya. Faktanya, ketika kita khawatir tentang ozon, kita biasanya khawatir tentang penipisan lapisan ozon daripada tentang paparan yang berlebihan. Lapisan ozon menyaring beberapa radiasi UV yang menyebabkan mutasi genetik dan juga dapat menyebabkan ketidakstabilan iklim global. Lapisan ozon harus tetap utuh untuk tetap agar menjadi lapisan pelindung bumi kita.

Air ozon memiliki reaktivitas kuat yang sama seperti ozon gas dan memiliki keuntungan dari aplikasi terkontrol. Air ozon ditargetkan langsung pada permukaan yang perlu dibersihkan atau disanitasi melalui aliran air yang terkontrol. Ini digunakan secara komersial dan oleh individu sebagai pembersih, pewangi, pembersih, dan pengawet dalam berbagai konteks. Atau kata lain, air ozon yang dihasilkan oleh ENOZO dapat dipergunakan sesuai kebutuhan/on demand.

Seperti Banyak Zat Lainnya, Ozon Aman Dalam Konteks yang Tepat

Kami biasanya tidak khawatir tentang paparan ozon yang berlebihan. Namun, jika terlalu banyak hal yang baik terkadang dapat menyebabkan hal yang tidak baik. Gas ozon di stratosfer bermanfaat pada konsentrasi tinggi karena ozon ini tidak bersentuhan langsung dengan manusia, tetapi menyaring radiasi UV yang berbahaya. Gas ozon di troposfer, lapisan atmosfer terendah dan lapisan yang berisi udara yang kita hirup, tidak bertemu dengan jaringan paru-paru yang sensitif dan aman untuk kontak dengan kulit dan selaput lendir.

Keamanan Air Ozon 

Air ozon sudah terbukti secara aman secara umum (GRAS) oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA). Hal ini menunjukan bahwa panel ahli telah meninjau data yang cukup untuk menyimpulkan bahwa air ozon dapat disemprotkan langsung pada makanan tanpa membahayakan konsumen. Penyemprotan air ozon tidak perlu dibilas setelah diaplikasikan pada makanan atau permukaan yang telah di semprotkan. Air ozon dijamin aman jika tertelan oleh manusia dan hewan bahkan secara langsung, tanpa adanya efek samping yang dapat membahayakan kesehatan.

Ada dua alasan untuk mempercayai keamanan air ozon. Pertama, air ozon hadir pada konsentrasi kecil (hanya beberapa bagian per juta pada kekuatan maksimal) sehingga tidak mungkin bereaksi dengan sel manusia atau hewan yang cukup untuk mempengaruhi mereka secara substansial. Tubuh manusia memiliki triliunan sel, yang berarti bahwa sepasukan sel manusia melindungi kita dari reaksi penting apapun dengan air ozon yang mempunyai konsentrasi rendah. Kedua, air ozon adalah agen antimikroba yang efektif hanya karena membunuh bakteri, virus, dan organisme uniseluler atau struktural sederhana lainnya yang dapat dipengaruhi oleh reaksi kimia ke sel tunggal.

Produk ENOZO menciptakan air ozon yang aman dan efektif sesuai permintaan menggunakan teknologi Active Diamond Electrolytic Process Technology™ (ADEPT™) yang dipatenkan. Dengan teknologi ADEPT, ENOZO mengkonsentrasikan ozon yang dihasilkannya ke dalam aliran air yang akan digunakan secara langsung sebagai larutan antimikroba, dibandingkan teknologi yang mengandalkan pembuatan gas ozon dengan konsentrasi tinggi atau yang mentransfer gas ozon ke air dengan menggunakan tangki, injektor, atau gelembung.

(source: enozo.com)

Author : Xu Simon, PhD, MBA

Leave a comment