Air Ozon Meruapakn Sanitizer Alami Yang Ampuh

Ozon Adalah Pembersih Alami Yang Paling Kuat. Apa Itu Dan Bagaimana Cara Kerjanya?

air ozon

Anda mungkin menganggap ozon sebagai komponen lapisan ozon di atmosfer. Lapisan ozon adalah bagian dari stratosfer yang menangkap sinar ultraviolet (UV) dari matahari dan melindungi kita dari sengatan matahari, mutasi genetik, dan efek berbahaya lainnya. Anda mungkin juga tidak memperhatikan bau khas ozon sebagai dokumen yang keluar dari printer laser Anda.

Ozon(O3) mirip dengan molekul oksigen (O2) karena struktur molekulnya terdiri dari atom oksigen [O]. Juga, seperti oksigen molekuler, ozon dapat ditemukan baik sebagai gas di udara, atau gas ozon; atau dilarutkan dalam air sebagai air ozon (AO).

Dalam konteks yang tepat, ozon adalah hal yang baik. Lapisan ozon sangat penting bagi lingkungan karena melindungi tanah, tumbuhan, dan hewan di bumi dengan menyerap radiasi ultraviolet yang berpotensi berbahaya dari matahari. Banyak peraturan ozon berpusat di sekitar pengurangan pelepasan bahan kimia perusak ozon di atmosfer.


Apa Perbedaan Antara Ozon Gas Dan Air Ozon Dan Bagaimana Mereka Efektif Melawan Patogen?

virus

Efek perlindungan lapisan ozon dan bau khas printer laser aktif berasal dari gas ozon. Gas ozon membentuk komponen kecil dari atmosfer. Bahkan di lapisan ozon, yang paling melimpah, ozon hanya membentuk sekitar 5 bagian per juta (ppm) atmosfer. Ini sesuai dengan 0,0005%, menunjukkan bahwa ozon efektif bahkan pada konsentrasi yang sangat rendah. Hidung manusia dapat mendeteksi ozon pada konsentrasi serendah 10 bagian per miliar (ppb), yang setara dengan 0,000001%.

Seperti oksigen molekuler (O2), ozon dapat dilarutkan dalam air untuk membuat ozon berair. Oksigen terlarut dalam air penting untuk mempertahankan kehidupan akuatik karena ikan menggunakan insangnya untuk menghilangkan oksigen terlarut dari air dengan cara yang analog dengan bagaimana manusia menghirup udara untuk mendapatkan molekul oksigen (O2). Ketika ozon dilarutkan dalam air, itu disebut ozon berair.

Baik ozon berair dan gas memiliki sifat antimikroba yang kuat. Ozon bereaksi dengan mikroba melalui oksidasi permukaan sel dan asam nukleat seperti DNA dan RNA. Ketika ozon menyerang permukaan sel, itu mengubah struktur luar sel, memungkinkan komponen sel bocor ke luar sel dalam proses yang disebut lisis sel. Ketika DNA atau, dalam kasus beberapa virus, RNA, menjadi rusak, itu mencegah sel untuk bereplikasi. Ini adalah proses di mana ozon membunuh bakteri, jamur, dan virus.

Apakah Air Ozon Aman?

air ozon

Air ozon aman bagi manusia, hewan, dan organisme multiseluler kompleks karena dua alasan. Pertama, lapisan permukaan (misalnya, kulit) organisme kompleks seperti manusia dan hewan memberikan perlindungan yang lebih dari cukup terhadap tingkat rendah ozon yang dapat larut dalam air. Kedua, air ozon memiliki waktu paruh yang sangat pendek, yang berarti bahwa ia akan kembali ke molekul oksigen (O2) yang inert secara kimia dalam beberapa menit. Untuk alasan ini, air ozon telah diberikan status Umumnya Dianggap Aman (GRAS) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) dan dapat digunakan sebagai aditif makanan tanpa bilas.

Manusia tidak dapat mendeteksi air ozon dengan menciumnya; kami hanya dapat mendeteksi gas ozon. Sebagian kecil dari air ozon akan keluar dari larutan dan masuk ke daerah sekitarnya sebagai gas. Alasan mengapa orang dapat mencium bau air ozon, misalnya oleh produk Enozo, adalah karena sebagian ozon memasuki udara di sekitar aliran air dan dapat masuk ke hidung. Hal ini membuat ozon dapat dideteksi, tetapi kadar gas ozon yang berasal dari air ozon kita dapat diabaikan dibandingkan dengan kadar yang tersisa dalam cairan.

Perbedaan utama antara ozon dan oksigen molekuler adalah bahwa molekul ozon terdiri dari tiga atom oksigen (O3), sedangkan oksigen molekuler hanya terdiri dari dua atom oksigen (O2). Kelebihan atom oksigen pada ozon membuat molekul ozon tidak stabil. Ketidakstabilan ini adalah kunci dari reaktivitas, utilitas, dan keamanan ozon baik di alam maupun dalam produk komersial.

Selanjutnya, ozone telah digunakan secara komersial sebagai antimikroba sejak tahun 1890-an, ketika digunakan di Belanda untuk mengolah air minum. Sejak itu, penggunaan komersialnya telah berkembang menjadi aplikasi penyimpanan dan pemrosesan makanan dan minuman lainnya, di bidang pertanian, dalam pembersihan dan sanitasi, dan dalam penghilang bau. Enozo menggunakan teknologi elektrolit yang dipatenkan untuk memanfaatkan kekuatan ozon dalam berbagai solusi sesuai permintaan untuk pengendalian patogen yang aman dan efektif.

Author : Xu Simon, PhD, MBA

Leave a comment